Tempat Berburu Buku Bekas Di Jakarta


Tempat jual buku bekas mempunyai daya tarik sendiri bagi saya. Untuk belanja atau sekadar cuci mata. Berikut beberapa tempat jual buku bekas di Jakarta yang saya ketahui.

  1. Pusat Buku Bekas Samping Terminal Senen (Jakarta Pusat)

Terminal Pasar Senen

Lokasinya persis sebelah kanan masuk terminal senen. Disini ada tersedia buku pelajaran, kamus, majalah, novel, buku sejarah, agama dan lain-lain. Dulu waktu di Kwitang masih ada, penjual buku bekas di Senen juga banyak. Sekarang sepertinya mulai berkurang.

Sayang lokasi kurang nyaman, becek, kadang ada bau-bau pesingnya gitu. Tapi apalah artinya, jika buku favoritmu sedang menunggu disini untuk dibawa pulang (hahaha, bahasanya iklan banget).

Kelebihan tempat ini, mudah diakses menggunakan kendaraan umum dan secara harga lebih murah.

2. Kwitang/ Eks Kwitang (Jakarta Pusat)

Sebelum lokasi penjualan buku bekas di Kwitang dipindahkan, saya pernah mampir beberapa kali. Tertarik main ke Kwitang gara-gara dulu nonton film AADC. Sekarang di Kwitang masih ada beberapa kios Buku bekas. Ada satu toko, diisi oleh beberapa pedagang. Saya pernah mendapatkan buku karangan buya Hamka di sini “Merantau ke Deli” yang hard cover tidak lebih dari tiga puluh ribu.  Dekat sini masih ada toko buku (menjual buku baru)  Ahlussunnah yang menjual buku agama Islam dengan potongan harga yang sukup besar, tToko buku besar seperti Gunung Agung, Wali Songo dan lain-lain juga masih ada.

3. Blok M Square (Jakarta Selatan)

Tempatnya jauh lebih nyaman dari Kwitang. Disini juga menjual buku baru dan buku langka. Karena banyak toko, pilihannya cukup beragam. Dulu saya senang ke sini karena Blok M masih termasuk dekat dihitung dari jarak jelajah saya di hari libur dan mudah dijangkau angkutan umum. Sekarang udah jauuuh…. #pasang wajah menghiba

“Iya, disini gudangnya!” Saya bercerita ke seorang teman “Kalau kamu ke Jakarta, ke sini deh!” Waktu teman saya itu itu ke Jakarta. dia tidak sempat mampir. Akhirnya nitip dibelikan dengan catatan: buku bagus yang kira-kira dia belum punya, harganya murah, kondisi tidak harus baru dan kincong, yang penting layak baca.  Jadilah saya ngeborong sambil nyanyi-nyanyi dengan senang hati.  Eh, enggak ding! Yang benar ngeborong sambil nawar.

4. Toko Buku “Caruban” Samping Terminal Blok M (Jakarta Selatan)

Saya ketemu toko buku ini secara tidak sengaja.  Waktu itu masih sering pulang pergi kerja melewati terminal Blok M. Disini banyak koleksi komik, majalah, novel, sejarah, politik dabbuku bekas lainnya. Mas-mas yang menjaganya toko ramah banget. Kadang saya dikasih tahu buku yang baru datang, mencarikan buku yang kira-kira diminati, kita boleh berlama-lama memilih dan tidak segan-segan memberi diskon kalau membeli banyak.

Dari sini, ada jalan tikus menuju pusat buku bekas yang di blok M Square. Tinggal turun tangga dua lantai, setelah itu keluar parkiran dan menyeberang ke basemen Blok M Square.

5. Thamrin City (Jakarta Pusat)

Pedagang eks Kwitang selain ke blok M Square, juga ke Thamrin City. Saya belum pernah berkunjung ke tempat buku bekas di Thamrin City ini. Soalnya saya jarang banget ke sini. kalaupun ada pasti bareng teman dan keperluannya “nyari baju”. Saya hanya membaca keterangan tempat buku bekas di lift  kemudian berlalu begitu saja dengan wajah mupeng😀

6. Pasar Festival (Jakarta Selatan)

Saya “menemukan” toko buku ini juga karena tidak sengaja. Disini bukunya tertata rapi, disusun berdasarkan kategori. Suasananya nyaman, paling nyaman diantara toko buku bekas yang pernah saya kunjungi. Transaksi non tunai bisa dilakukan jika pembelian diatas limapuluh ribu. Saya terakhir ke sini Januari 2015. Tempatnya cukup mudah dijangkau dengan angkutan umum. Dilewati Kopaja P 20 Lebakbulus – Senen dan Trans Jakarta Koridor 6 Ragunan – Dukuh Atas 2 turun di halte GOR Sumantri.

7. Galeri Buku Bengkel Deklamasi – Taman Ismail marzuki (Jakarta Pusat)

Maksud hati main-main gak jelas ke Taman Ismail Marzuki. Waktu itu jalan barenga teman “sepergalauan” melihat pameran lukisan di TIM. Tak dikira setelah mutar-mutar, terdamparlah kami di sana. Toko buku bekas? WOW! Langsung saya berubah jadi drama. Padahal beli juga kagak. Kelihatannya banyak buku sastra dan budayaa, walaupun buku-buku yang lain juga ada.

Lokasi di Kompleks Taman Ismail Marzuki, di bagian kiri. Ada Kopaja P 20 dari Senen – Lebak Bulus, Kopaja M512 dari tanah Abang – Manggarai dan Metromini 17 dari Manggarai- Senen yang lewat sini.

8. Pasar Buku Langka – Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta Timur)

Suatu pagi di hari Minggu yang cerah ketika bersepeda ria di Taman mini, tiba-tiba mata saya tertuju pada petunjuk arah “Pasar Buku langka”. Harus mampir! Harus mampir! Begitu hati berkata. Saya ikuti kata hati mampir walapun kantong berkata tidak. Alhasil pagi itu cuma lihat-lihat koleksi buku dan benjanji nanti-nanti main lagi.

Lokasi di dalam kompleks Taman Mini Indah, dekat Taman Kaktus di belakang Anjungan Aceh. Disini dijual buku-buku langka, untuk harga sepertinya tidak murah-murah banget.

Selamat belanja, selamat  menemukan “hal yak terduga diantara buku-buku tua” :-

***

4 comments

  1. Kak, yang di blok M Square itu tepatnya di sebelah mana? Aku pengen kesana.
    Yang banyak komik jadulnya dimana aja kak? Tolong infonya.
    Dulu saya sering beli di deket kota tua, tapi sekarang tempat lapaknya udah di tertibkam dan saya gk tau mereka pindah kemana😦 asli sedih soalnya saya hobi baca komik jadul.
    Mohon dijawab ya kak, terimakasih 🙏

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s