Pengalaman Menggunakan Jasa Pengiriman Barang


Untuk urusan kirim mengirim barang, kami lebih sering menggunakan jasa PT. Pos Indonesia dan JNE. Karena untuk loket pengiriman, dua tempat ini yang berlokasi paling dekat.

Jasa POS lebih sering dipakai ketika mengirim ke daerah yang bukan kota besar. Selain tarif ongkos kirim lebih murah, kantor POS menjangkau sampai ke kecamatan. Pernah mengirim barang ke Kabupaten Agam di hari Sabtu pagi, ternyata hari Senin siang barang sudah sampai. Diantar oleh pak POS sampai ke rumah.

Ketika mengecek ongkir di website masing-masing maupun menggunakan aplikasi pembanding ongkir lainnya,  saya berfikir hanya PT. Pos yang menerapkan aturan pengukuran volume. Ternyata JNE juga menggunakan perhitungan berat volume (volume metric) untuk menentukan ongkos kirim selain penghitungan berdasarkan berat barang yang dipaketkan. (Setelah dicek TIKI juga menggunakan metode yang sama.)

Perhitungan berdasarkan berat volume = (panjang x lebar x tinggi) cm / 6000

Misal ukuran paket kita 60cm x 20cm x 10cm maka hitungannya:
Berat volume = (60 x 20 x10) /6000= 2 kg

Biaya ongkir dikalikan dengan harga per kilogram. Walaupun berat paket kita tidak sampai 1 kg, tapi berat volumenya 2 kg, ongkir yg dikenai adalah 2 kg bukan 1 kg (dikenai perhitungan biaya ongkir yg lebih besar).

Sejauh ini Jasa pengiriman barang yang pernah dipakai:

  1. Dakota Cargo : Cocok untuk pengiriman partai besar, murah. Pengalaman mengirim barang ke Kab. Agam Sumbar. Barang sampai di Padang cepat, akan tetapi dari padang ke Bukittinggi terus ke alamat penerima agak terkendala karena waktu itu untuk Sumbar agennya hanya ada di Padang.
  2. Madani Express: Cocok untuk pengiriman partai besar, murah, jalur darat.  Pengalaman mengirim barang dari pasar Senen ke Dumai. Dari Senen, barang dikirim dulu ke pusatnya di Tanah Abang, baru dari sana dikirim ke Pekanbaru kemudian ke Dumai.
  3. TIKI: Pengalamannya hampir sama dengan JNE, sejauh ini belum ada keluhan selain harga (kalau bisa lebih murah hehehe… ) Menjadi pilihan untuk pengiriman area Jabodetabek, kota besar dan kotamadya.
  4. PT. Pos: Tarif lebih murah, menjangkau sampai ke daerah.  Pernah liburan puasa menjelang lebaran ditelepon pak pos untuk mengambil paket karena kirim terima barang sedang ramai. Mereka kawatir terlambat menyampaikan barang  (saya kurang tau juga, apakah ini inisiatif pegawai pos di daerah tersebut atau semua seperti itu)

***

Unin

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s