Orderan Berikutnya


Orderan berikutnya datang dari teman, seorang teman lama. Teman saya ini titi teliti. Memastikan foto yang kami upload adalah foto yang sebenarnya. Dari awal dia wanti-wanti memastikan barang yang dikirim dalam kondisi bagus. Katanya pernah belanja online dan kecewa, antara foto dan barang yang dikirim berbeda. Kadang harga tidak sesuai dengan barang.

Saya bilang bahwa foto yang diupload adalah foto barang yang sebenarnya. Kalau ada perbedaan gradasi warna,  kemungkinan karena pengaruh pencayahaan saat mengambil foto. Jadi saya minta untuk dimaklumi karena masih baru.

Untuk harga barang, kami sesuaikan dengan kualitas barang.  Yang pasti ada harga ada rupa. Kami berusaha memberikan harga yang terbaik kepada konsumen.

Biar teman saya ini tidak kecewa, kamipun mengecek kalau-kalau ada barang yang lolos sortir dari sananya. Walaupun disaat berbelanja, kita sudah mengecek barang yang akan kita beli, tidak ada salahnya mengecek ulang.

Jika pembeli berbelanja langsung di toko, mereka bisa berkomentar, komplain dan bahkan menukar barang kalau tidak sesuai. Berbeda dengan pembeli online, sangat beresiko.  Jangan sampai ada yang cacat/rusak, yang terkirim kepada pembeli. Beresiko buang uang dan buang waktu untuk proses penukaran. Kalau pembelinya komplainnya ke orang lain bukan kepada kita, bisa merusak reputasi.

Setelah beberapa hari, teman saya mengabari kalau barang sudah sampai. Dia puas dan mau memesan lagi model dan ukuranyang sama. Sayangnya, ukuran tersebut stocknya sudah tidak ada saudara-saudara. Tetapi tidak apa-apalah, yang penting sudah menunjukkan adanya pemesanan kembali dari pembeli alias repeat order.

Dari pengalaman yang baru seumur jagung, kami belajar sedikit demi sedikit. Tidak hanya dari pengalaman sendiri tetapi juga pengalaman orang lain. Semoga kedepannya menjadi lebih maju.

***

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s