#16-RH~Tidak Usah Singgah


Jalan ke kampung kami tidak banyak berubah, hampir gelap setelah keluar dari jalan lintas Sumatera. Tinggal Satu dua lampu di jalan, lampu teras di rumah penduduk.

Selama yang terkenang dalam ingatan, belum pernah saya melewati jalan berbelok ke kiri di pertigaan yang menuju Medan itu. Katanya dari pertigaan, tidak jauh setelahnya kita akan bertemu bekas pangkalan terbang di masa perang. Sekarang sudah tidak aktif lagi, tempat orang belajar naik sepeda motor. Katanya lagi sudah mulai ramai kembali karena  ada monumen pesawat terbang lambang perjuangan yang bisa dijadikan objek berfoto.

Mungkin kalau pulang kampung lain kali, perlu disempatkan ke sana. Sebenarnya sudah lama terangan-angan untuk melewati jalan itu untuk melihat Bunga Raflesia.

“Bagus, besar, tapi baunya busuk!” Begitu cerita teman-teman di masa sekolah dulu.

Entah benar-benar sudah melihat atau sekadar membaca di buku pelajaran. Kalau diingat-ingat, tidak banyak tempat yang ditempuh di kampung ini.  Tidak beranjak, hanya kampung – Bukittinggi – Padang, Padang Panjang hanya lewat. Pergi merantau ke Jakarta, karena terbawa nasib jua. Makin jauh pergi merantau makin terasa, bahwa sangat sedikit pengetahuan tentang kampung sendiri.

Kami tidak bercakap-cakap selama perjalanan, hingga fikiranku pergi kemana-mana.
Hanafi mempercepat laju kendaraan begitu melewati simpang ke rumahnya. Kami tidak berpapasan dengan siapapun di simpang itu, pengunjung lapau tidak ada yang duduk-duduk di palanta lua*. Dingin dan rintik-rintik hujan masih ada.

Saya mengira Hanafi akan berbasa-basi menawarkan untuk singgah karena kami melewati rumahnya terlebih dulu. Basi- basi yang paling mungkin terhadap orang yang mungkin nanti akan menjadi jodohnya (mungkin juga tidak).

“Tidak usah singgah, sudah malam…!”

Saya langsung berhenti berfikir, sebab dari tadi menimbang-nimbang bagaimana cara menolak dengan baik jikalau Hanafi berbasa-basi mengajak singgah. Hahaha

***

*Palanta Lua : Palanta bagian luar

Palanta : Tempat duduk-duduk (nongkrong)

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s