Rumah Puisi Taufiq Ismail dan Rumah Budaya Fadli Zon di Aie Angek


Debu2015-02-02 14.08.55
Dalam jutaan galaksi angkasa raya
Bumi sebuah Titik eksistensi
Manusia itu debu
Menumpang di titik itu
Dia ingin jadi debu yang berkah
Dia ingin menuliskan
Kalimat yang baik dan indah

-Taufiq Ismail

Kami mampir ke sini karena kebetulan saja. Dalam sebuah perjalanan dari Bukittinggi ke Padang Panjang awal 2015 lalu, saya melihat ada papan petunjuk arah ke rumah puisi Taufiq Ismail Aie Angek.

Sudah lama saya berkeinginan untuk berkunjung suatu saat. Tapi karena jarang pulang kampung dan waktupun tidak banyak, keinginan itu jadi terabaikan saja. Saya meengetahui tentang Rumah Puisi ini dari Horison, di sebuah iklan buku kumpulan puisi karya Taufiq Ismail.

Melihat papan petunjuk arah itu saya baru menyadari rupanya Nagari Aie Angek, hampir saya lalui tiap pulang kampung. Letaknya di antara kota Padang Panjang dan Bukittinggi.

Setelah selesai urusan di Padang Panjang sebelum kembali ke Bukittinggi, berbeloklah kami ke arah kiri -tepat setelah rumah makan Sambalado yang berhadap-hadapan dengan rumah makan Aie Badarun. Kedua rumah makan ini cukup terkenal bagi pelintas jalan Padang Panjang- Bukittinggi.

Jalan menuju Rumah Puisi yang berbelok ke kiri itu menanjak cukup tinggi, jalan yang sama kalau hendak ke Rumah Budaya Fadli Zon dan Aie Angek Cottage. Setelah mendaki kita akan bertemu dengan pekarangan yang luas ditanami bunga beraneka warna. Di halamannya dibingkai kutipan puisi dari penulis beberapa generasi.

Kami tidak mausuk ke dalam Rumah Puisi, tapi berbelok ke Rumah Budaya Fadli Zon. Melihat koleksi buku, keris, suntiang dan benda pusaka lainnya kemudian kami memesan minuman dan memilih duduk santai di pinggir kolam ikan.

Koleksi rumah budaya Fadli Zon

Koleksi rumah budaya Fadli Zon

Gunung Singgalang waktu itu sedang berkabut, pemandangan ke arah kota Padang panjang juga tidak begitu bersih. Aku menebak-nebak kalau sedang cerah, mungkin danau Singkarak bisa terlihat dari sini. Hawa dingin pengunungan terasa sangat sejuk.Aku betah berlama-lama, tetapi waktu jua yang tidak mengijinkan.

Lokasi di google map:

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s