Kama sen pai main? Alah ka Tarusan?*


 Kama sen pai main? Alah ka Tarusan? : Main ke mana saja? Sudah pergi ke Tarusan?

tarusan kamang

Tarusan Kamang – Jorong Babukik dan Jorong Halalang Kecamatan kamang Magek Kabupaten Agam Sumatera Barat

Ada sebuah postingan foto pemandangan yang bagus sekali muncul di halaman Facebook. “Apa iya tarusan sebagus itu? Pasti karena pakai kamera bagus atau yang mengambil foto adalah fotografer profesional.”

Bukan meremehkan kampung sendiri. Dari dulu  pemandangannya memang bagus tapi aku tidak menyangka akan sebagus yang ada dalam foto itu. Walaupun kampungku tidak persis di Tarusan dan tapi dulu cukup sering melalui Tarusan ini. Jangan-jangan karena dulu sudah terbiasa makanya tidak terasa istimewa ?

Makin hari, makin banyak foto tarusan yang diposting di Facebook. Terlihat Tarusan belum sepenuhnya ganang,  kombinasi antara padang rumput yang hijau riak air  yang memantulkan warna langit terlihat benar-benar indah. Hasil foto -foto -mulai dari kamera  biasa sampai dengan kamera beresolusi tinggi makin sering bermunculan. Alhasil menumbuhkan keinginan, bahwa suatu saat kalau pulang kampung aku harus main ke Tarusan!

tarusan kamang2

Akhirnya, ketika pulang awal tahun 2015 aku menyempatkan main ke sana. Pemandangannya berbeda dari yang pernah aku lihat sebelum-sebelumnya . Kalau dulu aku hanya hanya melihat dari jalan besar ke arah hulu, sekarang dibalik. Pemandangan dari kaki bukit ke arah bukik tarapuang. Dengan kamera HP yang terbatas, aku mengabadikan momen jalan-jalan spesial tersebut. Karena tidak setiap saat aku bisa menikmatinya. Tahun depan entah bisa pulang dari rantau entah tidak, kalaupun pulang, entah bisa mampir entah tidak. *ups! mulai melankolis!

Sholat di tarusan

Walaupun lagi jalan-jalan, anak-anak muda ini tidak lupa sholat ashar

Ternyata beberapa bulan berikutnya, pas lebaran aku bisa pulang lagi. Karena sibuk tidak sempat main ke tarusan. Kalau kebetulan mengobrol dengan sesama perantau atau dengan saudara sering terdengar percakapan.
Kama Sen pai main? Alah Ka tarusan?”
“Tarusan rami kini! Macet gai!”
“Iyo rancak eh!”

***

Catatan: Cara ke tarusan dari Bukittinggi naik oto tambang (angkutan umum)
Naik oto K.01 Jurusan Pakan Sinayan Kamang Mudiak, Katakan turun di Tarusan. Perjalanan sekitar 30 menit.
Pangkalannya di Pasar Bawah, dekat tugu Adipura depan mesjid Baitul Jalal Jl. Soekarno Hatta Bukittinggi. Jangan lupa tanyakan jam berapa terakhir oto balik ke Bukittinggi.

*Rima*

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s