Umur Siapa Yang Tau


“Sakit mamak (paman)parah…!”

Aku tau kalau sakitnya parah, tapi itu akan segera berlalu. Allah tidak akan menguji hambanya diluar kemampuan hambanya itu, jadi kesimpulanku beliu akan segera sembuh, pulang dan  bekerja lagi. Mungkin kami akan bertemu beberapa tahun lagi . Atau  kalau ada rejeki, aku mungkin mengunjunginya kapan-kapan.  Beberapa minggu terakhir aku suka memperhatikan tiket Jakarta – Balik Papan sekalian jalan-jalan dan silaturahmi.

Makanya aku tidak bertanya detail penyakitnya, karena dalam fikiranku beliau akan sembuh.

“Umur kita siapa yang tahu!” Saat kami bicara ditelepon lebaran tahun lalu, aku mengingatkannya untuk sholat.

“Umur kita siapa yang tahu! Mamak sekarang badan yang sakit, fikiran masih sehat. Nanti kalau fikiran yang tidak sehat, untuk memulai sholat jadi susah” Aku juga mengatakannya di telepon beberapa hari yang lalu. Sama sekali tidak firasat apa-apa, hanya untuk mengingingatkan sholat. Tidak untuk menakut-nakuti umurnya mungkin saja pendek.

Harusnya aku mendengar kabar, anaknya yang nomor dua jadi masuk SD tahun ini walaupun beliau sedang berada di rumah sakit. Percakapan-percakapan sebelumnya beliau bilang, kalau beberapa hari lagi penerimaan murid baru. Kenyataannya subuh tadi, aku mendengar kabar bahwa beliau meninggal.

Beliau orang baik yang sedang berusaha memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Kesalahan yang dulunya sebagai anak muda yang menurutkan kehendak hati.  Pelan-pelan setelah berkeluarga dan punya anak diperbaiki dengan sungguh-sungguh. Kesan dari orang-orang dan keluarga juga mulai berubah. Tapi perkara umur adalah rahasia Allah, beliau masih dalam masa perjuangan Allah sudah memanggilnya.

Semoga Allah menempatkan beliau di tempat yang layak di sisiNya dan membalas segala kebaikannya.

Silakan Komen di sini :-)

