Desa Surowono


Image

Jalan yang kami lewati di kampung Inggris

Pagi hari kedua kunjungan ke Pare kali ini,  inceran berikutnya adalah Surowono. Info dari sodara yang pernah kursus di pare, ke Surowono bisa lewat Daffodils ke arah warung ketan.  Tempat dulu dia suka nyari sarapan ketan susu. Katanya enak. Aku penasaran pengen nyoba, sekalian ngisi perut sebelum jalan ke Surowono. Ketan susunya enak, satu porsi sudah bikin kenyang. Rupanya banyak juga anak-anak yang baru balik atau mau berangkat kursus pada sarapan di sana.

Kami selesai sarapan sekitar jam sembilan dan langsung berangkat. Aku sih belum tau persis di mana letak Surowono. Untuk pertama, gowes aja sepeda sesuai petunjuk, kalau ketemu persimpangan yang meragukan baru nanya sama penduduk.

Sekitar sepuluh sampai lima belas menit, kami sampai di jalan besar. Yang kemudian saya ketahui adalah jalan raya Kediri – Jombang (nama jalannya saya lupa). Sesuai dengan petunjuk dari penduduk, kami berbelok ke arah Jombang. Kami juga melewati terminal Pare yang sangat sepi untuk ukuran terminal, sampai menemukan perempatan dengan petunjuk.  Persis di pinggir jalan yang arah ke Surowono, ada lagi papan petunjuknya. Habis itu, setiap ada persimpangan jalan, kami mencari-cari papan petunjuk. Kalau tidak kelihatan, tanya lagi sama penduduk.  Sekitar setengah jam, kami sampai di gerbang masuk desa Surowono.  Perkiraanku jarak dari kampung Inggris ke Surowono  lebih kurang enam kilometer.

Image

Desa surowono terlihat subur, punya air melimpah, subur dan relatif sepi. Penduduknya selain bertani juga beternak ikan. Di desa Surowono ini ternyata ada tiga objek wisata terpisah yang bisa dikunjungi. Yaitu kolam renang, terowongan dan candi.  Akupikir mereka berada di lokasi yang sama, jadi aku ikuti saja arah petunjuk menuju goa, karena itu yang paling kelihatan. Rupanya agak berjarak.  Yang pertama kami temukan adalah kolam renang, tapi ga masuk. Lalu lanjut ke goa Surowono.

*rima*

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s