Sejarah Kecil “Petite Histoire” Indonesia Jilid 4


Sejarah Kecil Indonesia Jilid 4

Sejarah Kecil Indonesia Jilid 4

Rosihan Anwar, Penerbit Buku Kompas,

Jakarta, 2010, 282 Halaman

 

Setelah jilid 1,2 dan 3, rupanya Seri sejarah kecil Indonesia berlanjut ke jilid 4. Dalam jilid 4 ini, bertambah pula catatan sejarah yang di-kaba-kan pak Rosihan. Dibagian awal, berisi cerita beliau mengenai Anwar Ibrahim- Tokoh politik Malaysia. Kemudian kisah-kisah kecil sahabat-sahabatnya yang mungkin dikenal atau sama sekali tidak pernah terdengar namanya oleh anda.

Dalam satu bagian tulisannya yang berjudul Modernisasi, Demokrasi, Pembangunan terselip kisah kecil tentang Soe Hoek Gie yang catatan hariannya diterbitkan dan diberi judul yang berjudul Catatan Seorang Demonstran tahun 1983.

Riwayat singkat tentang penulis “kaba” sejarah kecil tersebut sudah tertera bada bagian belakang buku tiap jilidnya. Bagi yang ingin tahu siapa dan apalagi cerita tentang Rosihan Anwar, maka hal itu dapat dibaca dalam buku jilid ke empat ini.

Jilid ke empat terdapat kisah-kisah kecil tentang masa kecil penulis, orangtua, saudara dan karib kerabat. Seumpama bosan, karena melulu membaca tentang sejarah. Pada jilid empat, ada kisah keluarga yang penulis sendiri menyebutnya “family drama”. Walaupun saya terkadang agak kesulitan mengingat nama, tidak jarang tertukar antara Joenus Joesuf, yang bernama belakang Anwar dan Roesli juga sering tertukar. Tetapi secara kesuluruhan kisah tersaji dengan menarik, serupa kisah-kisah dalam novel sejarah. Tiap keluarga tentu punya kisah, enak tidak enak, suka tidak suka, dan bisa terjadi dalam kurun waktu yang lama. Tapi pada akhirnya, dalam semua kisah kehidupan tersebut akan menjadi sejarah dan dapat menjadi pelajaran.

Tidak ketinggalan pula ada kisah tentang Bagindo Aziz Chan dan Johnny Anwar. Orang Sumatera Barat-terutama sekali orang Padang sudah familiar dengan nama-nama tersebut. Tapi untuk perjuangan beliau-beliau, tidak semua yang tahu namanya mengenal kisahnya. Kemudian pada bagian mendekati akhir ditulis mengenai catatan harian penulis selama enam bulan Republik Indonesia merdeka. Curahan dari pak Rosihan disini tentu saja menambah pengetahuan kita.

Selamat menikmati sejarah dengan sajian yang berbeda.

****

*Rinrin*

5 comments

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s