Sejarah Kecil “Petite Histoire” Indonesia Jilid 3


petite histoire jilid 3Rosihan Anwar, Penerbit Buku Kompas,

Jakarta, 348 Halaman, 2009

 “Dalam sejarah pergerakan nasional, kaum dokter memiliki peranan sebagai pendorong Indonesia Merdeka. Sejarah itu bermula pada pendidikan Dokter Jawa, kemudian berkembang menjadi pendidikan dokter SOTOVIA. Dari lembaga-lembaga pendidikan itulah berasal tokoh-tokoh pemimpin seperti DR. Wahidin, Dr. Sutomo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, dan lain-lain. Kaum dokter itu memimpin gerakan Boedi Utomo. Generasi dokter yang datang kemudian yang belajar di GHS (Geneeskundinge Hoge School) berperan dalam perjuangan kemerdekaan. Jasa dan perjuangan mereka patut dikenang dan diketahui oleh generasi muda.”

Mengutip paragraf pertama pada bagian sampul belakang buku, pada mulanya saya berfikir separo dari isi buku akan membicarakan tentang hal tersebut. Rupanya tidak, ada kisah –kisah menarik lainnya yang ditulis.

Ada cerita tentang Amir Sjarifoeddin- sang perdana menteri kita yang ke 2. Bagi yang susah mengingat sejarah, bisa saja nama atau cerita beliau tertukar Syafruddin Prawiranegara. Dua orang tersebut adalah orang yang berbeda, perannya juga berbeda pula dalam sejarah bangsa. Cerita pak Rosihan yang humanis, bisa membantu mengingat sejarah dan pelakunya dengan cara berbeda.

Dalam buku ini juga ada kisah mengenai Pramoedya Ananta Toer, Sobron Aidit, Dharta , tokoh-tohoh Tionghoa, tokoh-tokoh yang namanya pernah kita dengar semasa sekolah, atau pernah kita dengar entah dimana, atau sama sekali tidak pernah kita dengar, tapi tokoh-tokoh tersebut ikut serta dalam mengukir sejarah Indonesia.

****

*Rinrin*

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s