Ujan Paneh


Baru beberapa langkah keluar dari kantor, mataku merasa kejatuhan tetesan air. Sore cerah kedatangan gerimis. Aku enggan mengeluarkan payung, berlari cepat di halaman kantor yang mulai sepi.

Sebelum pulang, aku masih ada urusan dan mampir ke gedung  lain masih satu kantor. Jaraknya kurang seratus meter dari tempat biasa aku bekerja. Gerimis Semakin rapat sebelum sampai ke gedung yang aku tuju. Begitu melewati gedung lama yang bersejarah sambil berlari-lari, aku merasa berada dalam sebuah adegan film yang dramatis. Hahahaha, kadang berimajinasi itu cukup menghibur jika ketemu sama kondisi tak terduga dan tak diharapkan pula.

Akhirnya behasil melewati hujan dengan hati riang, walaupun bakal telat pulang. Acara mampirnya diperpanjang, di luar hujan sepertinya bakal awet. Cahaya kekuningan di sebelah barat sepertinya tidak akan melunturkan sangkaanku pada hujan sore itu. Hujan gerimis kadang renggang kadang rapat, disertai sinar matahari yang cerah selalu awet.

Dulu hujan yang begitu, kami sebut “ujan paneh”. Setelah hujan biasanya akan ada pelangi. Semasa kecil aku dan teman-temanku kadang berebut siapa yang paling dulu melihat pelangi. Aku sebenarnya berharap melihat pelangi walaupun tidak ada lagi perebutan siapa yang pertama melihatnya. Tapi senja sudah terlanjur tiba. Tidak ada pelangi hari ini. Akupun sedang tidak punya cerita.

Daun petai cina melambai-lambai. Nanti akan ada sisa hujan di sana. Menunggu jatuh satu-satu. Dulu aku pernah mengajak bercanda, sebuah canda beku.  Dari balik jendela, menunggu hujan reda, sungguh kali ini aku belum punya cerita yang lainnya.

*rima*

2 comments

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s