Lomba Lari Delapan Kilo


IMG-20130824-01533

Suasana pas pengambilan kelengkapan lomba H-1

Kapan ya terakhir ikut lomba lari? *mengingat-ingat. Kalau ga SD, mungkin SMA untuk pengambilan nilai mata pelajaran olahraga. Selain itu aku belum pernah seumur-umur ikut lomba lari. Makanya, pas ada info dari teman tentang lomba lari yang temanya Independence Day Run Semangat 17/8 Untuk Merah Putih’, iseng-iseng pengen nyoba. Sekalian olahraga hari minggu bareng teman-teman, akhir-akhir ini juga jarang banget olah raga. Paling-paling sepedaan pulang pergi kerja, dan itu ga rutin tiap hari.

Lomba yang diadakan ada lari 17K dan 8K. Tentu saja, aku ga ragu-ragu buat milih yang 8K. Itu aja blom tentu sanggup lari sampai finish. Setelah mendaftar secara online, kami mengambil kelengkapan lomba peraturan lomba dan rute, berupa kaos, nomor bib, voucher doorprize dan voucher snack sehari sebelum acara.

Minggu pagi tanggal 25 Agustus, sebelum subuh kami udah bersiap. Berangkat ke monas selesai sholat dan tentu saja sarapan dulu biar kuat, kan ceritanya mau jadi finisher. Menurut peraturan, peserta yang selesai sampai finish berhak untuk mengikuti undian doorprize.  Karena itu, kami sudah bertekad bulat untuk menjadi finisher, masa udah ikut lari ga ikut undian? Ga dong!

Peraturan dan Rute Lomba

Peraturan dan Rute Lomba

Kami memutuskan naik trans Jakarta, udah di bus dikasih tau sama-mba-mba yang mau ikut lari juga, katanya jalur trans Jakartanya dialihkan ga lewat Istiqlal. Padahal rencananya kami mau masuk garis start yang berada di depan istana negara melalui jalur Istiqlal. Jadinya kami turun di halte atrium trus lanjut naik taksi. Daripada ikut trans Jakarta ampe jalur – yang kami tidak tahu lewat mana- ke arah harmoni, bisa-bisa telat. Untuk jarak 17K start jam 06.00 sedangkan untuk 8K sepuluh menit setelahnya.

Waktu kami nyampai, udah rame banget. Jadi jalan kaki pelan-pelan, lebih rame dari orang-orang yang jalan ke Ragunan pas lebaran. Kami dengar pesertanya mencapai 45.000 orang. Pantesan aja, jam enam lewat sepuluh, kami masih belum bisa lewat garis start. Masih mengantri masuk pintu penjagaan. Untung saja ga harus melewati scanner dan pemeriksaan kaya di bandara. Walaupun alatnya ada terpasang, tetapi sepertinya tidak berfungsi.

Saking ramainya, kami belum bisa lari sampai belokan dari istana ke arah patung kuda. Setelah itu mengambil jalur kanan, baru bisa lari pelan-pelan. Ga lama setelah kami melewati patung kuda ke arah bundaran HI, sudah ada pelari yang udah balik. Udah sampai finish! Melihat itu semangat kami tga jadi luntur. Bahkan lebih semangat! Salah satu temanku sudah lari duluan, kami menusul sambil menghibur diri.

“Oh, kita meremehkan dia! Jangan-jangan udah jauh dan termasuk seribu finisher pertama dan dapat medali!” Lalu kami berlari menusul, menyalip orang-orang yang pada jalan. Beberapa pelari yang berkaos merah (peserta 17 K) berpapasan dengan kami yang dikawal petugas ngasih aba-aba. “Kasih jalan! Kasih jalan!”

Ga jauh, akhirnya ketemu lagi sama teman yang tadi udah duluan lari, lagi jalan gontai sambil ngecek HP. Hehehe, ga kuat juga dia lari. Akhirnya kami lari sebisanya, kalo udah capek jalan, trus lari lagi, jalan lagi, intinya harus sampai finish! Dan akhirnya sampai finish dengan waktu satu jam lebih :-plomba lari

Setelah itu ambil minum dan snack yang udah disediakan panitia. Trus nyari tempat yang nyaman buat makan dan istirahat sambil menunggu undian doorprize. Sambil memperhatian orang-orang yang memadati taman Monumen Nasional dengan wajah-wajah kelelahan tapi ceria, aku menyadari bahwa hiburan itu tidak melulu ke tempat wisata yang mahal, jauh atau tempat yang belum pernah dikunjungi. Cukup melakukan hal-hal yang baru dengan suasana baru bisa membuat kita lebih fresh dan melupakan rutinitas sehari-hari. Walaupun ga juara, walaupun ga dapat doorprize, walaupun sudah dua hari berlalu masih pegal-pegal, tapi ga kapok untuk ikut acara “lomba lari” lagi.

***

*rima*

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s