Bersiasat


test-cropKetika ada suatu ide terlintas dalam fikiranku, timbul niat untuk menuliskannya. Tapi hal itu tidak benar-benar dituliskan. Selalu ada tarik ulur dalam diriku sendiri.  Aku suka bertanya sendiri apakah Aku yakin akan menulis ini? Jika keinginan untuk menyelesaikan sebuah tulisan lebih besar dari keinginan untuk berhenti, akhirnya tulisan tersebut selesai.  Begitu juga sebaliknya jika kekuatan untuk menghentikan lebih besar, tulisan tersebut tidak akan jadi.

Jika sebuah tulisan sudah selesai, pertanyaan lain muncul. Apakah tulisan tersebut akan diposting di blog, disimpan sendiri atau dispimpan di tempat berkategori “rahasia”.  Hal itu berkaitan dengan pendapat pribadi mengenai  tulisan tersebut terlalu personal, terlalu kekanakan, terlalu serius, kurang greget, ga ada sisi manfaatnya untuk pembaca, ga inspiratif, membosankan.  Membuatku kadang jadi malas untuk menulis.

Pada akhirnya aku memutuskan, perlu untuk membagi diri yang masing-masing dipersilakan menulis sekehendak hati. Selagi masih menulis, “diri yang lain” tidak boleh protes mengenai topik, gaya bahasa, jenis tulisan atau apapun mengenai tulisan tersebut. Disaat proses pengeditan, baru “diri yang lain” orang boleh memberikan masukan tapi tidak boleh menghapus tulisan tersebut.

Yang pertama adalah Rima, seorang cewek ceria yang senang jalan-jalan dan melakukan hal-hal lain yang fun bareng teman-temannya. Sukanya nonton drama korea  dan membaca novel. Orangnya spontan dan agak careless, fikirannya suka melompat-lompat dan tulisannya juga suka melompat-lompat tidak jelas. Kurang terstruktur dan suka penasaran dan sangat antusias terhadap hal-hal yang dia suka.

Adalah Rinrin, seorang yang serius dan ambisius. Maunya juga menulis hal-hal yang bersifat serius, misalnya ide-ide yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Dia sering terlihat kesulitan menuangkan idenya karena sedikit perfeksionis. Sebuah tulisan yang ideal harus ada data yang jelas dengan latar belakang yang pas, sehingga  yang membaca dapat menangkap dan mengambil inti dari tulisan tersebut. Dia menilai dirinya belum punya cukup bekal untuk menulis, tapi dia paling sering mengkritik tulisan yang lain.

Adalah Unin, yang berusaha bijak walaupun sebenarnya dia seorang yang mudah cemas.  Ingin sekali menulis yang agak mendalam, semisal perenungan hidup dan hal-hal yang bersifat regilius. Karena hobinya memasak, dia ingin juga berbagi  berapa resep masakan.

Adalah Rindang yang selalu terlibat dengan perasaan. Seorang yang melankolis dan sensitif.  Terlihat seperti orang yang selalu ingin bercerita melalui tulisannya, tapi sebenarnya dia tidak selalu –bahkan jarang sekali menyampaikan hal yang sebenarnya. Ada kemungkinan  tulisan itu sudah didramatisir, atau setir sesuai dengan imajinasinya saat itu. Rindang menyampaikan perasaannya tapi tidak benar-benar ingin oranglain tahu perasaannya.

Sejauh ini, pembagian tersebut cukup efektif .  Tidak ada yang berniat untuk menghapus tulisan Rindang yang cengeng. Mereka senang-senang saja kalau Rima sedang ingin bercerita berapi-api. Tapi Unin jarang sekali muncul, karena merasa tidak punya ide. Rinrin sudah jarang protes, tapi masih belum rajin menulis karena masih merasa “kurang ilmu”.

Kenapa dengan menulis?  Mereka semua sepakat bahwa menulis tidak hanya sebuah hobi tapi juga media untuk menyampaikan ide, pemikiran dan imajinasi agar tidak hanya mengendap di fikiran sendiri. Mereka juga setuju dengan perkataan Imam Syafi’e bahwa salah satu cara untuk mengikat ilmu adalah menuliskannya.  Untuk berlatih dan terus tetap menulis mereka juga sepakat bahwa harus menyingkirkan hambatan-hambatan menulis yang terutama sekali berasal dari diri sendiri.  Mereka bertekat untuk bersiasat  sehingga pada akhirnya nanti bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan bermanfaat.

*rinrin*

2 comments

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s