Jogja or Djogdja — (1) Persiapan


Kyaaaaa, ke jogja cuy!

Tugu 0 Km - jogja

Tugu 0 Km – jogja

Percaya atau tidak di suatu masa yang lampau aku pernah benar-benar mengimpikan untuk tinggal di kota ini. Tapi ga kesampaian,  bahkan untuk berkunjung atau singgah agak sebentarpun belum pernah kesampaian. Selalu  ada halangan yang membuat keinginanku tertunda.

Pada suati hari ada ajakan teman yang aku istilahin dengan ‘gayung bersambut’, yang cukup tepat waktu hingga aku dengan cepat bisa memutuskan untuk berangkat. Rutenya : Jakarta – Cirebon – Jogja – Cirebon – Jakarta.  Naik kereta dulu ke Cirebon, trus dari Cirebon baru naik mobil ke Jogja. Oke sip!

Mau langsung ke Jogja atau main dulu di Cirebon juga oke. Walopun kemaren-kemaren udah pernah ke Cirebon, masih pengen maen ke sana lagi (gara-gara salah beli tiket, harus buru-buru baik ke Jakarta).

Kalo udah mutusin buat ngebolang , di kepala ini bermunculan ide kaya jamur tumbuh dimusim hujan. Mau jalan kemana aja, ngapain aja, pokoknya yang seru-seru udah kebayang semua. Bagusnya pekerjaan jadi berasa ringan, jadi rajin beres-beres di kosan, makan dan tidur teratur. Karena harus bersiap-siap dan jaga stamina. Sehingga pulang ngebolang kondisi fisik tetap fit dan kosan udah rapi.

Selalu, waktu-waktu menjelag membolang itu dapat memunculkan semangat baru, menyiapka segala sesuatu untuk membolang itu menjadi hiburan tersendiri kadang menjadi tekanan tersendiri. Namanya pergi bareng-bareng, tentu saja ga bisa sekehendak hati mutusin segala sesuatu, jadi  bersepakat dulu.

Yang benar-benar harus dipersiapkan adalah transportasi dan tempat menginap. Kemaren itu kita cukup sibuk, jadi ga terlalu membahas secara  detail masalah transportasi. Tiket Jakarta- Cirebon langsung dapat di hari kita mutusin mau berangkat.

Mengenai penginapan, ternyata nyari penginapan di ahir tahun di Jogja itu gampang-gampang susah. Gampang sebenarnya kalau mau nginap dimana aja. Tapi kita harus mempertimbangan keamanan, kenyamanan, biaya dan waktu. Agak susah nyari penginapan yang deket Malioboro atau Keraton, apalagi yang harganya miring. Rata-rata penginapan di Jogja menaikkan harga sewa dari harga normal karena lagi ‘peak season’.

Yang kami incar itu ga terlalu jauh dari Malioboro atau keraton, yang aman dan bersih.  Hampir semua penginapan yang kami incar – hasil dari ngumpulin ulasan dari yogyes.com dan blog para pendahulu yang sudah duluan mengembara ke Jogja – udah pada penuh. Kalaupun ada, harganya kurang pas dengan perkiraan anggaran kami.

Iseng-iseng aku nanya, emangnya booking dari kapan ya? Kok udah pada penuh. Katanya, dua bulan sebelumnya udah pesan, malah ada yang tiga bulan sebelumnya. Jadi kalau begitu kami emang udah telat. Ga mau berputus asa,  lalu menambah jarak dari koordinat acuan (Malioboro atau keraton) sehingga jumlah pilihan penginapan jadi bertambah.

Ada beberapa penginapan yang ga bisa dibooking dan harus datang hari H, aku takutnya kalau penuh juga. Ga seru kalau nyampe Jogja harus nyari penginapan lagi. Waktu yang seharusnya buat jalan-jalan kepake buat nyari penginapan, kan sayang.

Akhirnya dapat juga, di Wisma Parikesit. Letaknya di jalan Prawirotaman. Ga terlalu jauh dari Keraton dan Alun-alun selatan. Penginapan sederhana dan cukup pas dengan anggaran kita. Benar-benar harus hitung-hitungan tentang ini, karena bakal nginap selama tiga malam.

Tapi di Wisma Parikesit Cuma dapat dua malam, karena satuhari lainnya udah dibooking sama rombongan anak sekolahan. Ya sudahlah, untuk satu hari itu bisa diurus belakangan.

Karena transportasi dan penginapan udab, berarti kita benar-benar akan ke Jogjaaaaa      \\(*0*)//

*rima*

One comment

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s