Jogja or Djogdja – (4) Keraton – Museum Kereta


Keraton Jogja

Keraton Jogja

Setelah diguyur hujan semalam. Pastinya suasana Jogja pagi itu enak banget. Jalanan belum ramai oleh kendaraan. Sesekali berpapasan dengan penduduk Jogja yang selalu terlihat ramah. Lalu di sebelah timur  matahari pelan-pelan memancarkan sinarnya. Lari pagi menelusuri jalanan kota Jogja sambil menikmati matahari terbit, pastinya sesuatu banget.

Tapi semuanya hanya rencana belaka di kepalaku. Pada kenyataannya setelah subuh lebih memilih tidur lagi dan bangun setelah jam tujuh. Ondeh mandeh!

Rencana hari itu kita keliling dalam kota saja. Waktu berangkat kita memutuskan naik becak dari penginapan yang berada di jalan Prawirotaman ke Malioboro (tujuan awal). Tapi di tengah jalan berubah fikiran untuk mampir ke keraton, jadi ke Malioboronya ditunda nanti aja.

Memasuki keraton Jogja, ternyata rame juga. Mungkin karena bertepatan dengan libur akhir tahun. Setelah beli tiket sekalian sama tiket ijin memotret. Satu orang satu tiket, satu perangkat pemotret  juga satu tiket.

Yang pertama dilakuin yaitu nyari spot yang bagus buat foto-foto. Abis itu keliling-keliling daerah keraton. Keraton Jogja ini sangat terawat. Hanya saja kemaren kita ga nyewa guide. Informasi yang didapat bersumber dari foto-dan tulisan yang dipajang.  Kadang kami mereka-reka makna dibalik koleksi yang dipajang.

Koleksi Museum Kereta - Jogja

Koleksi Museum Kereta – Jogja

Setelah jalan-jalan muterin keraton, melanjutkan perjalanan ke museum kereta. Menurut info yang didapat sebelumnya lokasinya ga terlalu jauh dari keraton. Prasangkaku semula museum kereta yang dimaksud memajang koleksi lokomotif, sejarah pembangunan, atau apapun yang berhubungan dengan kereta api. Mulai dari zaman penjajahan atau semenjak kereta api ada di Jogja sampai sekarang.
Pas dihalamannya aku bertanya-tanya, kok kecil gini museumnya? Oalah, ternyata museum kereta milik keraton.

*rima*

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s