Jogja or Djogdja — (2) Perjalanan


Perjalanan kami diiringi oleh hujan menjelang akhir bulan Desember. Berangkat ke stasiun tanah abang setelah ijin untuk pulang kerja satu jam lebih awal didapatkan.

Aku sebenarnya ga suka kalau kena hujan trus naik kereta. Tapi karena udah dapet pengalaman yang lebih ga menyenangkan sebelumnya, aku merasa hari itu cukup beruntung. Hujanya ga begitu deras dan aku bawa baju ganti.

Aku dan Para Bo (Boai, Boyar dan Bonu) naik kereta Brantas, berangkat jam 16.00. Ketika peluit lokomotif dibunyikan, aku menemukan diriku berada kereta yang akan membawa pada petualangan baru. Istirahat dari rutinitas keseharian, pergi dari Jakarta. Wow Bangeeet!

Jakarta -Cirebon, berasa sebentar saja. Topik menarik waktu itu adalah bokoma, yang dapat berfungsi melancarkan darah ke otak dan menghilangkan stress. Penjualnya tau banget kalau kita tertarik ga berenti mendemonstrasikan jualannya. Dengan yakinnya menggerakkan alat pijit itu ke kepala Boyar, dia dibilang dehidrasi, dengan bokoma bisa melancarkan aliran darah ke otak. Lho?

Karena tertarik dengan alatnya akhirnya beli dua yang udah digabungin. Ternyata alat itu juga untuk antenna penguat sinyal radio #versi orang sakit🙂

Nyampe di Cirebon sekitar jam tujuh malam. Capek juga ternyata, di kereta juga ga tidur, ngobrol ngalor ngidul, ketawa-ketiwi. Maklumlah, jarang-jarang bisa bebas dari rutinitas dan jalan-jalan gini.  Eh baru tau, ternyata ngalor ngidul itu artinya ke utara ke selatan. Penting buat ditulis ga sih?😛

Di Cirebon kami nginap di rumah Boyar untuk persiapan perjalanan yang lebih menantang esok harinya. Besoknya setelah istirahat dengan nyenyak kita berangkat ke Jogja sekitar jam 6 pagi. Sempet dulu beli nasi Jamblang karena penasaran pengen nyoba nasi yang dibungkus dengan daun jambang) . Dari Cirebon kita udah dibawain bekal juga,  Jadi bekal selama di perjalanan aman. Yang bawa mobil Boyar, sepertinya sudah biasa. Jadi aku ga menghkawatirkan akan nyasar atau segala macem. Saatnya menikmati perjalanan🙂

Niatnya aku mau mengingat jalan, kampung dan kota apa saja yang dilalui.  Biar kalau nanti jalan-jalan lagi aku udah tau. Ternyata cuma mengingat beberapa tempat aja.

Dari Cirebon tau-tau udah nyampe Brebes, selain tau dari tulisan-tulisan di pinggir jalan, juga dari kebun bawang yang menghijau rimbun. Seperti potongan-potongan karpet yang disusun di tanah yang luas. Aku suka hujaunya, aku suka ayunan daunnya yang Lebih lembut dari sapaan rumpun padi ketika dihembus angin.

Akhir Desember, hujan sudah sering turun. Tiba-tiba saja aku mengkhawatirkan air yang berwana coklat yang mengalir dikali pinggir jalan itu meluap memenuhi lading-ladang. Semoga tahun ini dan awal tahun depan tidak ada berita kenaikan harga bawang karena ladang bawang terkena banjir #mulai ngelantur.

  IMG_0396-tile

Lalu kami sampai di Kebumen. Biasanya merk-merk toko dipinggir jalan itu berubah-ubah. Tapi kok Kebumen lagi Kebumen lagi. Padahal tadi udah Kebumen, masa masih di Kebumen sih? Aku simpulkan, kebumen itu memanjang (ga sempet ngecek peta waktu nulis). Yang aku ingat es penjual es dawe ireng sama dawet ijo (kalau di tempatku namanya cindua:cendol). Uniknya, kain penutup jualannya umumnya berwarna ijo.#tanya kenapa

Kayaknya enak banget, minum es dawet pas panas terik di warung-warung yang menyerupai dangau dengan pemandangan sawah dan pegunungan hijau. Karena ga lagi terik dan fikiranku udah di Jogja, aku ga minta turun sebentar . Kapan-kapan aja deh, kalo gini berarti ada niat mau jalan-jalan ke Kebumen.

Dikit lagi nyampe Jogja. Akan sangat dramatis sekali jika sore itu tidak mendung dan kami bisa memandangi matahari tenggelam dari beberapa jembatan yang kami lalui menuju kota Jogja. Tapi sayangnya mendung. Hujanpun turun, rintik-rintik.

Begitu memasuki kota Jogja ada pemandangan yang ga kalah dramatis. Kita dihadiahi lengkungan pelangi yang cantik banget. Makin semangat nyampe Jogja, walaupun perjalanan selama hampir duabelas jam bikin capek banget.

Kita udah di Jogjaaaaa \\(*0*)//

*rima*

Silakan Komen di sini :-)

