Karupuak Kuah


Liburan panjang kemaren di kosan aja selama empat hari. Bosen ga sih? Bosen, kalo pengen jawab bosen. Seru kalo pengen jawab seru. Bagusnya beberapa pekerjaan rumah yang sempet ditunda-tunda bisa kelar semua.

Sempet masak juga donk. Menu kali ini namanya karupuak kuah, palapeh taragak (pelepas kangen). Makanan jenis apa itu? Kerupuk yang terbuat dari Singkong (kayak opak) kemudian diberi kuah sate dan taburan mie di atasnya.  Orang Minang biasanya tau kerupuak kuah ini. Kalau belum tau, bolehlah sekali-sekali datang ke Bukittinggi dan makan karupuak ini sambil menikmati pemandangan di pelataran Jam Gadang.

Kalau belum sempat ke sana, mari kita coba membuatnya. Kerupuknya ga harus bikin sendiri. Beli kerupuk mentah trus tinggal goreng (minta kirimin dari Padang atau Bukittinggi juga boleh). Yang agak ribet tuh bikin kuahnya. Sebenernya aku mau berbagi resep, cuma pas bikin kemaren takarannya masih dikira-kira. Tapi enak kok🙂

Bahan dan bumbu:

  1. Bawang putih dua siung, bawang merah dua siung , jahe 1 cm, lengkuas 2 cm, kunyit 2 cm, cabe merah 2 buah, merica dikiiiit aja(dihaluskan)
  2. Daun salam, daun jeruk, daun kunyit,  serei (masing-masing 1 lembar).
  3. Tepung beras 5 sdm, tepung kanji 1 sdm (diencerkan dengan dua gelas air)
  4. Daun bawang dan seledri diiris halus, minyak goreng, garam, penyedap rasa secukupnya.

Cara masak:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu dan daun bumbu sampai wangi.
  2. Masukkan tepung yang sudah diencerkan.
  3. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga didapatkan kekentalan yang diinginkan.
  4. 5Sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang dan seledri, kalau suka bisa juga ditambahkan bawang goreng.

Taraaa! Jadi deh kuah karupuaknya. Untuk mie  goreng, bumbunya sama dengan yang dipake untuk kuah tapi ga usah pakai daun bumbu, takarannya bisa disesuain sama kebutuhan.

Cara masaknya sama kaya masak nasi goreng. Hanya nasi diganti sama soun atau bihun yang udah kenyal (direndam dulu sama air panas lalu ditiriskan) Kalo ga tau gimana masak nasi goreng bisa belajar kilat kok. (Waktu beli nasi goreng liatin aja yang jualnya beraksi) Terakhir ditambahin daun bawang dan seledri yang udah diiris halus dan bawang goreng. Jadi deh mie gorengnya🙂

Karupuak Kuah

Karupuak Kuah

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s