Majalah Horison- Langka tapi Ada


Horison

Horison Oktober 2012

Waktu SMA, aku suka iseng minjam majalah ini di perpustakaan sekolah. Walaupun kadang juga ga selesai dibaca, tetap aja mejadi kesukaan. Walaupun sekarang aku ga ingat lagi apa yang menarik yang perna dibaca. Yang aku ingat nama rubrik yang dulu aku suka yaitu Kaki Langit. Tempat dimana bisa menampung karya penulis muda, bahkan tiap edisinya ada karya pilihan yang diulas oleh tim redaksi.
Sekarang, sudah lebih sepuluh tahun majalah tersebut masih eksis dan aku bisa kembali menikmatinya. Aku bilang kembali, karena untuk  beberapa jangka waktu aku tidak mengikutinya.
Sekarang umur Horison sudah empat puluh enam tahun. Kalau dia seorang manusia, mungkin sudah punya anak dan punya cucu di umurnya yang masuki setengah abad itu.
Apa yang istimewa? Yang pertama karena isinya, karena aku tertarik dengan hal berbau sastra. Majalah ini didirikan oleh Mochtar Lubis dkk, termasuk Taufiq Ismail yang keduanya merupakan sastrawan terkenal di Indonesia.
Alasan lainnya yang aku suka karena sastra ga kadaluarsa. Jadi mau telatpun dapat majalahnya, masih enak untuk dibaca.
Cuma sayang, majalah ini ga seperti majalah pop yang mudah didapat. Yang aku tau, hanya ada di toko buku besar seperti Gramedia dan Gunung Agung. Kalau ga ingin ketinggalan atau kehabisan, sebaiknya berlangganan. Saat ini aku masih  belum berstatus pembaca tetap, jadi masih nyari di toko buku kalo pengen beli, beli, kalo lagi ga pengen ya ga beli.
Sebagai majalah dengan segmen pembaca terbatas -harusnya ga terbatas karena Horison juga mendekarkan diri juga berkiprah di dunia pendidikan, tapi kondisi sebenarnya memang  segmen pembacaya terbatas, eksis selama empat puluh enam tahun adalah hal yang sangat luar biasa.
Semoga di era internet ini, dimana begesernya teknologi cetak ke digital. Semoga horison mampu mengimbanginya dan makin eksis ke depan.

***

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s