Sekilas Tentang Kampung Inggris


Kampung Inggris ini persisnya terletak di Pare. Pare merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Saya baru mendengar nama Pare dari teman tahun 2010, di suatu acara kita diminta untuk mendeskripsikan tempat menarik di daerah masing-masing. Salah satu yang diceritakan teman saya dari jawa Timur.

Seperti apa sih kampung Inggris itu? Saya langsung penasaran. Apakah sebuah kampung, yang orang-orangnya merupakan keturunan Inggis yang pernah menjajah indonesia tahun 1800-an yang disisakan oleh Belanda yang berkuasa setelahnya.
Mungkin juga sebuah kampung yang penduduknya mempunyai ciri-ciri fisik seperti bule yang kadang di asosiasikan dengan orang Inggris. Atau mungkin juga dulu sisa penjajahan yang penduduknya bisa bahasa Inggris. Ini jelas opini ngaco, dan salah besar. Apakah yang memuat imajinasi saya menggiring ke kesimpulan ini? Oh Tuhan …

Menurut teman saya, di Kampung Inggris ini semua orang bisa berbahasa Inggris. Dan yang pasti tidak ada hubungannya dengan penjajah dan masa penjajahan. Yang pasti disana banyak sekali terdapat kursus bahasa Inggris dan tempat orang-orang berguru bahasa Inggris bahkan belakangan ini juga ada bagasa lainnya seperti bahasa Mandarin, Korea dan Arab.

Keberadaan Kampung Inggris ini berkat jasa seorang bapak yang bernama Kalend Osen (4 Pebruari 1945) yang dimulai tahun 1976. Berarti waktu itu beliau berumur 31 tahun. Jadi kefikiran, ntar saya di umur segitu kira-kira udah bisa apa yah …🙂 Dari satu tempat belajar, kemudian berkembang sekarang ini menjadi lebih dari seratus lembaga kursus. Para murid yang pernah belajar dengan bapak Kalend ini, tidak ketinggalan dalam mendirikan tempat kursus. Sekarang ini murid yang belajar bahasa di Pare, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada yang dari Timor Leste. Mengenai penduduknya, tentu saja tidak semuanya berbasa Inggris. Katanya untuk penduduk asli pare bisa kursus gratis.

Saat musim liburan, kampung ini ramai sekali. Tempat-tempat kursus umumnya sudah penuh. Begitu juga tempat kost dan asrama. Disarankan jika ingin mengambil kursus di saat libur ini, disarankan untuk memesan tempat jauh-jauh hari supaya tidak kepenuhan. Mengenai informasi tempat kursus sendiri, banyak tersedia di internet berupa ulasan blog atau tulisan lainnya.

Tempat kursus yang paling terkenal tentu saja tempatnya bapak Kalend yang bernama Basic English Course (BEC). Tapi ga usah khawatir, tempat kursus lainnya juga ga kalah bagusnya dan banyak pilihan. Yang penting, sebelum berangkat tentukan program apa saja yang akan diambil dan alternatif-alternatinya. Kalau tidak musim liburan, masih ada peluang untuk datang, bertanya langsung baru mendaftar. Kelas biasanya dimulai setiap tanggal 10 dan 25 disetiap bulannya. Menariknya, juga ada program untuk mengisi liburan, bahkan juga ada paket kursus untuk keluarga.

Mengenai tempat tinggal ada beberapa pilihan, kos dengan english area, kos biasa dan asrama (biasa juga disebut camp). kalu kos, berarti peraturannya seperti kos biasa, yang english area berarti mewajibkan untuk menggunkan bahasa inggris di area kos. Jika melanggar akan mendapatkan sanksi bisa saja berupa denda. Sedangkan untuk asrama, selain diwajibkan untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris ada tambahan bimbingan dari tutor biasanya diberikan setelah subuh dan magrib.

Pagi-pagi sudah terdengar suara orang belajar dari asrama.  Sepanjang hari para pelajar berseliweran menggunakan sepeda.  Harga makanan juga sangat terjangkau, sangat cocok untuk kantong pelajar. Sebagai sarana transportasi, kita bisa menyewa sepeda mulai dari Rp. 40-100 ribu per bulan. Untuk sewa per hari cukup dengan uang Rp. 5ribu saja dengan menitipkan kartu identitas.

Tertarik datang ke kampung inggris? Sekedar main atau belajar, pasti menyenangkan🙂

Baca juga mengenai  Numpak Sepur : Naik Kreta Api 🙂

2 comments

  1. di Kampung Inggris memang sangat bagus untuk belajr Bahasa Inggris, kita bisa lebih fokus belajar dan tentunya biaya kursus lebih murah🙂
    Makasih banyak infonya ya🙂

Silakan Komen di sini :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s